Manfaat Bale atau Saung Bagi Orang Kampung

Santai di Bale atau Saungg

Badan ternyata belum begitu sehat betul. Ya, hari ini hanya bisa melakukan kegiatan ringan saja. Jika sedikit kelelahan, mata langsung berkunang-kunang. Tidak boleh memaksakan diri untuk beraktivitas terlalu berat. Atau sesuatu hal yang yang menguras energi. perbanyak istirahat. Dan makan yang bervitamin agar tensi darah segera normal.

Terpaksa deh, kegiatan sehari-hari hanya jalan-jalan keliling kampung. Sambil mencari pemandangan dan suasana baru. Jenuh juga ternyata, kalau hanya tidur dan makan. Pikiran jadi tampak tidak karuan. Yang ada justru memikirkan yang tidak-tidak saja. Hal yang tidak penting, justru merasuk dalam pikiran.

Di kampung saya, hampir dengan mudahnya dijumpai tempat untuk duduk-duduk berkumpul bagi warga. Kalau anak muda mungkin tempat tongkrongan. Tempat peristirahatan sejenak. Hanya sebatas kongo-kongo saja. Warga setempat memberi nama bale atau saung. Kalau nama saung, lebih umum dipergunakan oleh masyarakat Sunda.

Bale atau saung ini sangat banyak sekali manfaatnya. Mungkin sekilas tempatnya ya ala kadarnya. Hanya untuk duduk dan berteduk saja. Wujud atau penampilannya sangatlah sederhana. Terbuat dari bahan bambu. Atapnya pun ya asal bisa meneduhkan bagi yang singgah.

Apa saja manfaat dari Bale atau Saung ini? Sebagai ajang tempat berkumpul atau komunitas warga sekitarnya. Mempererat silaturahmi dan persaudaraan. Yang biasanya susah untuk dijumpai saat di rumah, dengan bertemunya di Bale bisa langsung saling bersapa ria. 

Manfaat yang lainnya adalah sangat membantu bagi orang lain yang sedang kelelahan diperjalanan. Sebagai tempat istirahat sejenak. Meluruskan kaki atau merebahkan badan setelah berkendara atau melakukan jalan jarak jauh. Persinggahan gratis.

Kadang kalau malam sebagai tempat ronda. Menjaga keamanan wilayahnya. Walau untuk jaman sekarang, hampir atau sudah punah itu apa yang namanya ronda. Hal yang menyangkut keamanan sudah dipasrahkan penuh kepada Hansip. Cukup membayar iuran bulanan, beres deh. Untuk manfaat lainnya silakan ditambahkan sendiri ya?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top