Wacana Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam, Bisa Clurit Melayang Nih!

Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam

Lagi ramai mengenai wacaha toko atau warung Madura buka 24 Jam. Di tiktok lagi heboh. Bahkan ada Warung Madura sang juragannya marah-marah, dikarenakan barang dagangan ludes tapi penjaga toko bilangnya merugi. Wah kalau ini mah tidak masuk akal, masak iya bisa begitu. Apa mungkin salah menjual barang dagangannya. Atau mungkin terlalu memberi atau mengasih harga jual rendah. Sehingga tidak ada keuntungan. Ya saya sendiri juga tidak tahu pastinya.

Ya seperti itulah resiko jika punya usaha atau bisnis yang dikelola bersama. Juragan hanya memantau dari segi keuntungannya. Tidak memberikan pengawasan penuh terhadap anak buahnya. Atau mungkin anak buahnya tidak diberikan pengarahan sebelumnya. Atau anak buahnya tidak bisa atau tidak punya bakat dagang. Wah kalau itu mah, pasti merepotkan. Sebuah usaha diserahkan bukan ahlinya, ya pastinya tekot bandar.

Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam

Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam

Warung Madura ini memang sedikit unik, karena sebuah usaha yang dikerjakan secara bersamaan, sistem bagi hasil atau setor. Walau tidak semua warung Madura begitu. Ada juga yang seutuhnya modal sendiri. Kalau modal sendiri, umumnya jam operasional warung tidak sampai 24 jam. Paling banter jam satu pagi dah tutup.

Saya sudah cukup lama memperhatikan keberadaan warung Maduran ini, ya sekitar 10 tahunan lebih. Maklum, teman saya banyak asal Madura yang punya usaha warung. Sehingga saya bisa mendapatkan informasi tentang warung-warung Madura. Saal modal, orang madura memang berani nekat. Untung dan rugi urusan belakangan. Yang penting maju dulu.

Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam

Warung Madura Dilarang Buka 24 Jam

Isu adanya warung Madura dilarang beroperasional 24 konon katanya berasal dari Kementrian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM). Walau akhirnya pemerintah menyanggahnya. Tidak betul ada belarangan warung Madura buka 24 jam. Tapi isu tersebut telanjur santer dan banter. Sampai bikin heboh dan viral. Ada tanggapan beranaka ragam. Ada yang pro dan ada yang kontra.

Ya begitulah, jika urusan atau masalah sosial, tidak akan ada yang seratus persen benar dan salah. Semua serba relative, tergantung dari sudut pandang masih-masing. Ada yang mengatakan, keberadaan warung Madura buka 24 jam, bisa mematikan usaha kelontong sekitarnya. Yang namanya bisnis, pasti ada persaingan. Siapa yang kuat itulah pemenangnya. 

Warung Madura memang berani menyediakan stok barang dengan jumlah banyak dan komplit. Mereka belanjanya di agen besar. Warung lain, paling hanya menyediakan barang yang sekiranya laku. Dari segi sini saja, persaingan harga barang sudah kelihatan. Warung Madura lebih murah. Konsumen datang, apa yang diperlukan tersedia. Sepintas mirip seperti minimarket.

Pelarangan Warung Madura buka 24 jam hanya sekedar isu atau wacana. Tidak mungkinlah sampai dilarang, justru keberadaan warung Madura ini membantu konsumen yang mencari keperluannya ditengah malam hari. Bahkan bisa juga warung Madura ini membantu terciptanya keamanan di Masyarakat. Secara tidak langsung membantu menemani hansip yang lagi patroli. Hansip jadi betah melek!

Related Posts

5 komentar

  1. ini yang lagi trend
    karena ini warung buka 24 jam
    sedangkan indomaret dan alfa kalau mau buka 24 jam susah hehe

    BalasHapus
  2. hebat, bisa 24 jam dan murah.....
    ya, soal rugi adalah soal management pengelolaan, termasuk "kejujuran".....

    BalasHapus
  3. Wah saya baru denger ada warung Madura,apa saya yang ketinggalan berita.....

    BalasHapus
  4. betttul.. aku sih setuju aja mereka buka 24 jam.. asal bisa bayar shift pegawai. lagian pasti terbantu dengan adanya kedai 24 jam.. di dekat rumahku ada juga warung madura.. tapi sayangnya kalo dia ga buka 24 jam mas... ga ada cukup pegawai kayakny ;p

    BalasHapus
  5. kalau 24 jam beroperasi tu
    dah sama macam convenience store...
    banyak modal harus difikirkan..
    terutama bil elektrik...

    BalasHapus

 
Back To Top