Modem Bekas Indihome Bisa Dijadikan Akses Point, Yuk Simak Caranya!

Akses Point Modem Bekas Indihome

Cerita apa ya enaknya? Kadang kok bingung. Pengennya mengulas tentang hal politik terkini, tapi kok sensetif amat. Sekarang sudah banyak orang merasa lebih pintar dan lebih tahu segala-galanya. Pengurus tingkat RT saja, bicaranya sudah tingkat nasional bahkan dunia pula. Baru menguasai satu bidang ilmu, gayanya sudah bisa memecahkan rumus bangsa. Sudah begitu, sudah merasa paling benar pula. Kalau berdebat hanya mengandalkan emosi dan suara kerasnya.

Tapi tak apalah ya, yang namanya dunia. Kalau tidak begitu, mungkin dunia ini sepi. Dunia ini memang diciptakan untuk sebuah keramain saja. Hiruk-pikuk dengan seabrek permasalahan. Maka jangan berharap terlalu ideal tentang kehidupan ini. Selalu ada permasalahan dan tantangan. Semua serba ironi, ada yang mengajurkan jagalah hati, eh kenyataannya jaga hati diri sendiri dan orang terdekat saja tidak mampu. Jagalah persatuan, eh dirinya mendirikan partai baru. Jagalah kerukunan, eh dirinya suka menghina dan merendahkan orang lain. Merasa punya trah tertinggi. Ya sekali lagi, begitulah kehidupan.

Wah wah, saya kok menyerempet hal-hal sensitif juga ya. Ya sudahlah, takut nanti ada yang tersinggung, dan marah lebih baik bahas yang lainnya saja. Cerita tentang pengalaman membuat modem bekas Indihome menjadi Akses point. Daripada membeli reuter penguat wifi, kayaknya lebih asek membuat akses point dari modem bekas wifi indihome. Kalau pakai reuter penguat sinyal, terasa repot, saat listrik mati atau modem utama wifi indihome ganti nama wifi, mau tidak mau harus setting ulang.

Menu Modem Indihome

Apalagi, menurut pengamatan saya banyak pelanggan indihome yang kini putus ditengah jalan. Tergiur dengan promo awal yang murah, yang selanjutnya nanti bayar bulananya naik drastis. Tidak hanya itu saja, jaringan internet yang semakin lemot. Lihat saja, kotak ODP punya indihome yang berada di tiang, semrawut banget. Melebihi kapasitas yang seharusnya. Ah, mungkin Indihome lagi jor-joran mencari pelanggan baru. Tapi abai dengan kualitas jarigannya. Itu menurut saya, bisa jadi saya yang salah. Jadi ya jangan tersinggung.

Lanjut ke topik masalah saja ah. Cara membuat akses point dari modem bekas Indihome, peralatan yang harus disediakan adalah, Modem bekas indihome dan adaptor, Kabel LAN, komputer maupun hape juga bisa. Lebih bagusnya komputer karena lebih leluasa saat login ke menu modem bekas indihome.

Nyalakan modem bekas indihome, sampai indikasi power berwarna merah, dan lampu indikator lainnnya berwarna kuning. Kemudian reset modem tersebut. Untuk menusuknya, bisa pakai alat sejenis jarum. Sampai lampu indikator power mati, baru lepaskan jarumnya. Nanti modem bekas indihome akan restart otomatis.

Baru deh kabel LAN dipasang dan disampungkan ke Komputer. Pada tab browser, ketik 192.168.1.1, kemungkinan kode IP berbeda, untuk kepastiannya bisa dilihat dibawah kotak box bekas modem wifi tersebut. Pada kolom username, isi dengan admin. Dan untuk paswordnya bisa admin, atau Admin atau %0|F?H@f!berhO3e, silakan coba mana yang cocok untuk bisa login.

Akses Point Modem Bekas Indihome

Jika sudah berhasil login, pilih tool NetWork dan LAN Setting. Pada kolom LAN Interface, tambahkan angka dibelakangnya. Semisal punya saya, saya tambahkan angka 8, sehingga IP nya menjadi 192.168.1.18. Hal ini untuk menghindari bentrok IP dengan modem utama wifi Indihome.

Selanjutnya kolom OTHER CONFIG dan ENABLE DHCP, di unchecklist (hilangkan tanda centangnya). Pada kolom dHCP server, ubah menjadi disable.

Akses Point Modem Bekas Indihome

Akses Point Modem Bekas Indihome

Tahap terakhir juga semua hal itu sudah dilakukan dengan benar adalah tekan tombol aplly. Secara otomatis, modem bekas indihome akan restart dengan sendirinya.

Dan jangan lupa, untuk membuat nama dan password wifi baru dengan menekan tool Network, WLAN Settings, pilih Advenced.

Dan tak kalah pentingnya pula, jangan lupa ganti password username admin dan username account untuk menghindari kebobolan wifi dengan cara pilih tools Management, pilih Account Management, dan pilih user account maupun Maintenance Account. Ganti passwordnya satu demi satu.

Jika sudah beres semua, baru deh modem bekas indihome tersebut disambungkan kabel LAN nya ke modem utama. Akhirnya, modem bekasa tadi sudah menjadi akes point.

Nah biasanya ada kendala saat menyambungkan ke LAN utama. Umumnya hanya satu port LAN yang aktif di modem utama tersebut. Untuk mengaktifkan semua port LAN di modem wifi utama, caranya komputer harus tersambungkan LAN kabel internetnya ke modem utama. Login dengan IP 192.168.1.1, login dengan cara yang sama seperti login dengan modem bekas tadi. Pada tool, Network, pilih Internet Settings pada kolom LAN Binding, beri tenda centang semuanya.

Nah bagaimana, caranya mudah sekali bukan? Ya hanya perlu pembiasaan saja. Jika sudah sering membuka tool yang ada di menu modem indihome, nanti juga akan terasa familier dengan sendirinya. Pada intinya, modem bekas tadi sudah bisa menjadi acces point. Harga modem bekas murah lagi, dibawah seratus ribuanlah. Nanti tinggal modal kabel LAN-nya, sesuai dengan panjang kabel yang dibutuhkan. Soal nama wifi, lebih baiknya ya bedakan dengan nama wifi utama.

Untuk lebih jelasnya, membuka porl LAN modem bisa dibaca di:

https://djangkarubumi.blogspot.com/2020/12/tanpa-pakai-drama-cara-mengaktifkan-semua-port-LAN-Modem-Indihome-dengan-mudah.html

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top