Yuk Simak! Cara Merubah atau Mengganti Nama dan Password WIFI Indihome

Modem WIFI Indihome

Pengalaman saat belum punya jaringan internet di rumah, kalau ngeblog kadang harus mencari wifi gratisan. Biasanya seh di perpustakaan daerah, pura-pura baca buku sebenarnya ya itu, numpang internet fee alias yang tak berbayar. Maklum, kala itu untuk yang namanya internet masih dalam katagori kelas elit. Untuk pemasangan internet persyaratannya lumayan ketat, yang katanya belum ada jaringan yang melintas atau apalah. Pokoknya ribet dan sulit.

Lama-lama akhrinya saya malu juga. Masak iya harus cari tumpangan gratisan terus. Yang namanya gratisan itu kan juga terbatas, apalagi perpustakaan bukanya hanya siang saja. Sedangkan untuk urusan ngeblog, itu paling enak menulisnya di malam hari atau dipagi hari. Suasana yang sunyi, sehingga untuk menulis tampak lebih lancar. Tanpa ada gangguan kebisingan.

Saya pun datang ke kantor cabang Telkomsel, untuk mendaftarkan jaringan internet di rumah. Saya hanya memilih jaringan internetnya saja, tanpa sambungan telephone maupun televisi. Kebutuhan saya hanya untuk berinternet ria saja. Kalau untuk urusan telephone, lebih praktis vis hape saja. Kalau tidak salah, persyaratan untuk mendaftakan kala itu adalah photo copy KK dan KTP. Terus nanti disuruh menggambarkan denah rumah diselembaran kertas, untuk memastikan ketersediaan ODP-nya.

Eh eh, ternyata sebulan juga belum ada kepastian pemasangan. Yang katanya jaringan penuh, belum ada jaringan baru. Harus menunggu jaringan kosong atau menunggu cabutan dari pelanggan yang berhenti. Giliran ada jaringan kosong, dapatnya ODP-nya yang jaraknya jauh sekali. Ya sekitar hampir 300 meteran. Wah wah, pastinya berpengaruh pada kekuatan sinyal internet. Tak apalah, daripada harus menunggu lebih lama lagi. Tapi kini dipindah ke ODP yang lebih dekat. Iya ke ODP yang lebih dekat karena sudah ada jaringan kabel yang baru.

Menu Login IndiHome

Semenjak punya jaringan internet WIFI di rumah, ngeblog maupun ngeyoutube terasa lebih santai. Kapan pun ingin menulis maupun unggah video bisa sesuka hati. Apalagi jika ada artikel yang harus kejar tayang, tak perlu pusing. Pokoknya siap kapan pun. Pekerja online, memang selayaknya punya jaringan internet di rumah. Intener fiber atau kabel, lebih stabil sinyalnya dan harganya juga lebih hemat jika dibandingkan dengan internet menggunakan kartu GSM telephone hape.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman juga, bagaimana cara merubah atau mengganti nama dan password WIFI Indihome. Awal nama dan password WIFI Indihome masih menggunakan setelan bawaan pabrik, umumnya kode dan namanya tersedia di bawah box modem Indihome. Demi keamanan, pastinya nama dan kode sandi wifi tersebut dirubah sesuai dengan keinginan palanggan. Bagaimana cara merubahnya

Saat sudah terhubung ke wifi, silakan ketik ditab browser google 192.168.1.1. Nanti diarahkan untuk login. Nah untuk login ini, bisa dengan dua cara, username: user maupun username: admin. Untuk kode paswordnya, username: user kodenya user1234. Dan jika login menggunakan username: admin, passwordnya, admin atau Admin atau %0|F?H@f!berhO3e. Yang jelas untuk kepastian kode, bisa dilihat di box modem atau tanyakan ke petugas Indihome.

Menu Login IndiHome

Menu Login IndiHome

Selanjutnya pilih NetWork dan pilih Advenced. Kolom SSID Name adalah nama wifi, Passphrase adalah sandi wifinya. Silakan diganti sesuai dengan keinginannya. Jika sudah mantap pilih Apply. Beres deh, wifi sudah berganti nama dan passwordnya.

Pada gambar diatas bisa dilihat perbedaan saat login menggunakan username: user dan username: admin. Untuk keamanan wifi agar tidak dibobol orang lain ya paling tidak setiap sebulan sekali ganti kata sandinya. Atau nama wifi bisa disembunyikan dengan mencentang kotak Hidden. Kekuranngannya jika wifi di Hidden adalah terlalu menguras banyak energi hape.

Yang tidak kalah pentingnya selain mengganti atau merubah nama dan password WIFI Indihome adalah juga mengganti password username. Kalau WIFI kebobolan, rasanya juga gimana gitu. Bayar bulanan sudah mahal, eh ada aja yang maunya gratisan. Diajak patungan tidak mau, maunya bobol. Eh itu sekedar pengalaman.

Cukup sekian artikel kali ini. Semoga ada manfaatnya, jika ada hal yang ingin ditanyakan, bisa Sobat tinggalkan komenter dikolom bawah ini. Jika ada salah dan kekurangan dalam penulisan, mohon dimaklumi saja. Salam ngeblog!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top