Lakukan Dua Hal ini Agar WIFI Indihome tidak Kebobol

Modem Wifi Indohome

Lagi pengennya nulis, eh ternyata internetnya kehabisan kuota. Sehingga sinyal hanya muter-muter saja. Sedangkan gairah menulis begitu memuncahnya. Rasanya kok jadi gondok gitu. Sudah penampilan blogspot yang terbaru, begitu sedikit mennyulitkan. Ditambah dengan sinyal yang tidak mendukung. Aduh tidak kebayangkan? Ibarat orang yang lagi pengen-pengennya eh tiba-tiba, loyo.

Eh usut punya usut, jatah kuota dari indohome sudah diabang batas. Apa sudah diambanga batas? Sedangkan baru tiga Minngu lo. Saya menggunakan jaringan internet dari layanan Indihome yang berkapasitas 10 Mbps. Kalau dikalkulasi sekitar 400 GB kuota internetnya. Kok bisa seboros itu ya? Hal ini sudah saya keluhkan hampir setahun. Saya juga heran, kenapa bisa sebegitu parahnya. Belum sampai akhir bulan, ludes total.

Dan saya sering mendapatkan pesan SMS dari Indohome yang isinya "Kecepatan Internet Anda bulan ini akan mengalami pelambatan karena batas FUP akan terlewati. Silakan diperpanjang untuk tetap dapat kecepatan normal" Emangnya gratis untuk mendapatkan kecepatan normal lagi, berbayar tahu. Maka saya mengabaikan isi pesan tersebut.

Menu Modem Wifi Indohome

Tapi lama-lama kok saya jadi kepikiran juga. Kenapa wifi saya bisa kebobolan. Eh ternyata saya lupa mengubah password/kata sandinya dimenu login Indihome. Saya masih menggunakan password bawaan pabrik. Eh ternyata pula, menu Indihome ini bisa login dengan dua kata sandi. Yaitu username dan useradmin. Sedangkan saya hanya dikasih tahu oleh petugas pemasang indhome hanya satu yaitu login dengan username.

Nah agar wifi Indihome Anda tidak mudah kebobolan, alias tidak dijebol orang lain. Anda harus merubah kedua kata sandi tersebut. Sandi bawaan pabrik harus dirubah, menjadi kata sandi yang sesulit mungkin orang untuk mengetahuinya. Caranya, Anda harus login dengan kedua akun tersebut, username dan useradmin. Pada menu tab browser ketik 192.168.1.1, enter deh. Kemungkinan kode IP bisa berbeda, anda bisa melihaf dibawah box modem.

  • Pada menu utama, ketik user dan password user. Pada bagian Managment Pilih User Account. Silakan ganti paswordnya. Kemudian silakan tekan Logout, jika sudah selesai.

Menu Modem Wifi Indohome
  • Kemudian Login lagi menggunakan username admin dan paswordnya admin. Pada menu Management, Maintenacce Account, silakan ganti passwordnya. Jika sudah mantap dengan kata sandi barunya, klik Apply.

Menu Modem Wifi Indohome
  • Sebenarnya ada cara cepatnya tanpa harus login dua kali, yaitu saat anda login dengan admin di menu Managment, Pilih  User Account, selanjutnya letakan kursur pada menu Useradmin atau user yang akan diganti kata sandinya. Jika sudah dirasa mantap merubah kata sandinya, tekan Apply.
Menu Modem Wifi Indohome

Pada umumnya password modem indihome masih setelan punya pabrik, anda bisa login dengan menggunakan kata sandi dibawah ini:

Untuk akses user:

user:user

Password: user1234

Dan untuk masuk ke akses admin atau root

user: admin

Password: admin atau Admin

Atau 

user: admin

Password: %0|F?H@f!berhO3e

Pada intinya ,silakan anda coba kata sandi tersebut. entah itu user maupun admin-nya. Semoga saja ada kesamaan. Untuk kata sandi user biasanya ada di bawah box modem. Nah untuk kata sandi admin ini untuk kepastiannya, silakan bertanya kepada petugas indihome, jika kata sandi yang saya terakan diatas tidak cocok.

Menu Modem Wifi Indohome

Anda harus sering atau rajin melihat DHCP Clients List untuk memantau siapa saja pengguna wifi Anda. Jika dirasa ada pengguna yang mencurikan, harus ganti lagi password wifi, user dan adminnya. Pokoknya harus siap beribet dirilah, jika wifi kebobol lagi.

Menu Modem Wifi Indohome

Semoga artikel yang panjang ini pembaca bisa memahaminya. Dan bagi yang punya wifi tidak kebobolan lagi (bagi yang ingin membobol bisa menggunakan cara tersebut untuk mengetahui kata sandi wifi orang lain, umumnya kode IP modem adalah 192.168.1.1). Maklum, pikiran kurang bisa begitu focus alias konsentrasi, sehingga penyusunan kalimatnya tampak kacau balau. Weleh, alasan saja. Biasanya juga beitu, artikelnya berat untuk dimengerti. Pakai alasan segala.Oh iya, cara seperti diatas bisa anda lakukan dengan perangkat komputer maupun hape ya.
 
Ya begitulah, kenapa semakin kemari kok untuk menulis begitu susahnya. Ada kesulitan dalam merangkai kata-kata. Walau sebenarnya bahan untuk diceritakan sudah menumpuk. Photo-photo yang harus dipublish sampai memenuhi memory harddisk. Semoga saja, semangat untuk ngeblog terus terjaga. Dengan harapan baru pula, semoga penampilan blogspot ada pembaharuan lagi yang lebih enak. Mau menulis kok dibikin rumit banget, tools blogspot sekarang terlalu jelimet.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top