Tahu Gejrot yang Terus Bertahan

Tahu Gejrot yang Terus Bertahan

Nama yang unik Tahu Gejrot. Mungkin saat membuat tahu ini mengeluarkan suara jrot-jrot yang diakibatkan oleh goyangnya gerobak. Atau mungkin gesekan antara gerobak dengan tatahan/cobek. Atau mungkin suara yang ditimbulkan oleh bumbu itu sendiri, yaitu cabe dan gula. Entahlah mana yang benar, yang jelas namanya unik sekali. Tahu Gejrot.

Saya paling suka jajan tahu jegrot. Kalau dipikir-pikir sebenarnya tidak ada yang special dengan tahu ini. tidak ada bedanya dengan makan tahu biasa. Sensansinya dimana, saya sendiri juga tidak tahu. Bumbu tahu gejrot jugalah sangat praktis dan sederhana sekali.  Tahu kering, cabe, garam dan dengan tambahan air gula merah sedikit.

Tahu keringnya dipotong-potong terus diaduk-aduk di kuah bumbu tersebut. Nanti cara makannya dengan disupit atau ditusuk dengan tusukan gigi. Penyajiannya menggunakan tatahan/cobekan dari kayu. Tidak ada yang istimewa bukan?

Tahu gejrot ini terus bertahan. Dan masih banyak orang yang menjajakannya. Dulu biasanya dipanggul, tapi kini lebih banyaknya menggunakan gerobak. Mungkin biar lebih praktis. Harganya juga masih terjangkau, berkisaran lima ribu rupiah. Tergantung dari banyak-dikitnya tahu. Bagaimana, Anda juga pecinta tahu gejrot?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top