Hanya Kecamatan Cakung yang Rutin Mengadakan Pesta Hajatan Betawi

Allhamdulillah, kali ini bisa mendapatkan kesempatan lagi meliput Acara Pesta Hajatan Betawi Cakung. Tahun 2024 ini acara Hajatan Betawi yang ke 6, wah sungguh luar biasa. Kalau saya perhatikan, hanya kecamatan Cakung, Jakarta Timur yang rajin menyelenggarkan Festival Budaya Betawi. Ancung jempol, semoga bisa menginspirasi kecamatan lainnya, atau bahkan kalau perlu setingkat Kelurahan mengadakan acara semacam ini.

Saya sangat mengapresiasi panitia Acara Hajatan Betawi Cakung, yang dikomandoi abang ganteng, yaitu Abang Yadi Pitung. Abang rambut gondrong, abang yang jago pencak silat Betawi. Beliau sungguh kreatif, bisa konsisten mengadakan acara pagelaran yang istimewa. Pagelaran yang super bermanfaat bagi masyarakat luas. Khususnya bagi pengusaha menengah kecil yang diberikan kesempatan untuk mempromosikan dagangan maupun bisnisnya. Pengunjng juga terhibur dengan adanya pentas seni, semisal tarian maupun pertunjukan ondel-ondel.




Pesta Hajatan Betawi yang ke 6 ini selenggarakan pada hari Sabtu Tanggal 28 dan Hari Minggu 29 September 2024. Hanya dua hari? Iya. Pastinya waktu yang terlalu pendek ya. Semoga lain waktu bissa diadakan lebih lama lagi, ya setidaknya satu minggu dah. Biar pedagang atau para UKM bisa lebih puas dalam mempromosikan usahanya. Masyarakat sekitarnya juga semakin terhibur. Roda ekonomi warga sekitarnya turut terdongkrak pula.

Hajatan Betawi Cakung dibuka oleh Bapak Camat Cakung, didampingi Pak Lurah Cakung dan Perwakilan Kapolsek Cakung. Acara ini diawalai dengan arak-arakan anak-anak yatim piatu, keliling naik delman dan orak-arakan ondel-ondel Betawi Sanggar Cahaya Raifa. Sanggar Ondel-Ondel yang baru terbentuk, kayaknya belum genap setahun.




Pak Camat Cakung sangat mengapreasi acara Hajatan Betawi Cakung, dan beliau berharap semakin banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi. Agar acara Hajatan Betawi Cakung untuk tahun depannya semakin meriah dan semarak. Generasi penerus semakin mengenal budayanya. Budaya Betawi tetap terjaga kelestariannya. Ada kabar gembira dari Pak Camat Cakung, sebentar lagi di wilayah Kecamatan Cakung Timur akan berdiri Tugu Golok Betawi.

Golok Betawi? Iya. Golok Betawi punya ciri khas tersendiri. Dan mungkin untuk anak muda, sedikit tidak mengerti apa itu golok Betawi. Maka dari itu. Pak Camat Cakung Timur, akan segera mewujudkan berdirinya Tugu Golok Betawi. Akhir tahun, sepertinya akan segera terwujud. Kita tunggu kepastiannya ya.





Pengujung Pesta Hajatan Betawi Cakung akan disungguh stang-stand aneka macam. Dari wahana permainan anak, semisal odong-odong, istana balon, tempat mewarnai gambar, aneka kulineran dan masih banyak lagi. Yang menarik nih, pagi pecinta kuliran Anda akan disuguhi makanan jadul, makanan khas Betawi yaitu Kerak Telor dan Dodol Betawi.

Wah pasti kaum muda akan penasaran dengan Kerak Telor. Bahan yang sangat sederhana, beras dan telur nanti diatasnya ditaburi kelapa sangrai. Pokoknya punya tekstur sendiri dah saat dilidah. Rasanya bagaimana? Super unik. Hayo, pasti penasaran kan. Makanya silakan diatang dan kunjungi Pesta Hajaran Betawi Cakung, Jakarta Timur.




Saya pun menyempatkan untuk keleling di area Pesta Hajatan Betawi Cakung. Sekaligus untuk motret-memotret. Saya juga terhibur dengan atraksi ondel-ondel yang supet memukau. Jogetnya itu lo, sudah pro banget. Ondel-Ondel bergandengan tangan terus joget muter-muter. Apa tidak pusing dan apa tidak takut jatuh? Seandainya jatuh, apakah  tidak sakit. Wah kalau atraksi ini pastinya dilakukan oleh ahlinya.

Eh saya kok sampai lupa membahas atraksi silat Betawi. Walau diperagakan oleh aki-aki, ternyata gesit juga. Jago benar beliau, hebat baget dah. Ada juga pertunjukan tari Betawi, cantik-cantik penarinya. Tapi saya lupa menanyakan asal sanggar tarinya. Atau mungkin perwakilan sekolah yang ada di wilayah Cakung? Saya sampai lupa menanyakannya.

Related Posts

2 komentar

  1. Ya ampun, menarik banget ini Mas ... Acara Pesta Hajatan Betawi Cakung ... syangnya kalau ke jakarta ndak pernah nemu acara begini.

    BalasHapus
  2. Bagus banget, ananda. Saya senang event2 Unik begini. Semoga tetep dilestarikan.

    BalasHapus

 
Back To Top