Ulang Tahun Sanggar Fadil Betawi! Terus Semangat Melestarikan Kesenian Ondel-Ondel Betawi

Yuk nonton ondel-onel, ondel-ondel ada anaknya. Wah pastinya tidak asing dengan syair lagu itu ya. Lagu Yuk Nonton Ondel-Ondel. Lagu yang dipopulerkan oleh tokoh penyanyi legendaris, Benyamin Sueb. Lagu yang hits sepanjang masa. Dan lagu yang kini menjadi lagunya Betawi. Anak-anak pasti hafal dengan syair lagu tersebut. Ya karena lagu itu sering didengar saat pengamen ondel-ondel lewat. Ondel-ondel Betawi, dirindu dan dibenci sama anak-anak. Antara takut dan senang menjadi satu, campur aduk.

Saya punya empat channel youtube, dan semuanya hampir masih bertemakan budaya Betawi, khususnya seni pertunjukan Ondel-ondel. Ya karena konten tersebut yang masih laku dan diminati penonton. Walau ada keinginan untuk konten yang lainnya. Ah saya kok jadi promosi channel youtube, hehehe. Semoga bagi yang belum subsrcrebe mau atau berkenan untuk menekan tombol lonceng tersebut. Biar tambah semangat bikin kontennya.


Oh iya, soal Ondel-ondel Betawi. Saya punya pengalaman berkesan, yaitu dapat undangan ulang tahun Sanggar Fadil Betawi yang ke-empat. Acara ulang tahunnya masih di bulan Ramadan saat itu. Dan acaranya diadakan menjelang sore. Dengan harapan, saat kelar acara bertepatkan dengan buka puasa. Sehingga tamu dan peserta pemain Ondel-Ondel bisa makan bareng atau makan buka bersama.

Sanggar Fadil Betawi beralamatkan di sekitar daerah Bungur, Senen, Jakarta Pusat. Tidak begitu jauh dengan stasiun Senen, atau masih dekat dengan Pasar Poncol. Seingat saya, kanan-kirinya tempat percetakan. Sepanjang jalur, hampir semuanya buka usaha/bisnis percetakan. Daerah yang tergolong padat.



Setibanya disana, wow banyak sekali Ondel-ondel Betawinya. Dengan kedok atau topeng yang unik dan lucu. Ada Ondel-ondel yang mengenakan hijab atau peci, pas banget dengan nuansa Ramadan. Super kreatif dah. Baru pertama kali ini saya melihat wajah Ondel-ondel yang bikin ngakak. Ondel-ondel Betawi yang mewah. Beda banget dengan Ondel-ondel yang bisa digunakan untuk mengamen.

Pertunjukan berjalan lancar. Walau sempat diguyur hujan yang lumayan deras. Ondel-Ondel Sanggar Betawi diarak keliling kampung. Diiringi dengan kru musik yang super kompak. Pemain musiknya lihai banget memainkan alat musik kendang atau alat musik tehyan. Alunan musiknya, bikin Ondel-Ondel semangat joget dan jejingkrakan.


Penonton maupun warga yang dilewati sangat senang menyambutnya. Mereka kelihatan bahagia banget. Kapan lagi ada hiburan gratis yang super meriah sepert ini. Sesekali mereka juga ikut bergoyang. Bahkan ada yang ikut membuntuti atau ikut mengaraknya. Pokoknya asek banget dah. Macet-macet tidak jadi soal. Lelah tidak terasa karena terbalut kebahagiaan.

Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh ketua ASOI, Asosiasi Ondel-ondel Indonesia. Eh saya kok ya lupa nama ketua organisasi ASOI, walau sempat bercengkrama lama. ASOI menaungi sekirat 56 Sanggar Ondel-Ondel Betawi. Lumayan banyak juga ya. Selamat ulang tahun buat Sanggar Ondel-Ondel Fadil Betawi, terus semangat dalam melestarikan Budaya Betawi dan terus semangat dalam menghibur masyarakat warga Jakarta. Sukses selalu dan semakin jaya! Hidup Ondel-ondel Betawi! Hidup ASOI!

Related Posts

8 komentar

  1. Ondel-ondel emang menghibur, apalagi kalo diiringi lagu Benyamin Sueb...nyok kita nonton ondel ondel...nyoookkk

    BalasHapus
  2. mereka guna material apa ya untuk buat ondel-ondel tu?

    BalasHapus
  3. Selamat ulang tahun untuk sanggar Betawi Fadil, semoga tambah eksis dan makin banyak yang nonton kesenian khas Betawi ini.

    BalasHapus
  4. Semakin banyak yang suka yaa... tetep lestari... khas Betawi yang luar biasa.

    BalasHapus
  5. Memang meriah! Di Malaysia tidak ada budaya seperti ini!

    BalasHapus

 
Back To Top