Alasan dan Penyebab Blogger Pindah Menjadi Youtuber

Komputer

Kini banyak sudah para blogger yang pindah menjadi youtuber. Satu demi satu meninggalkan hoby menulisnya. Mereka lebih asek atau lebih suka bermain dengan video. Merekam momen atau peristiwa yang dikiranya akan menjadi viral. Selanjutnya diunggah ke channel youtubenya.  Lebih praktis, tidak perlu lagi merangkai kata yang begitu panjangnya. Rekam dan langsung upload. Beres sudah, tampak lebih praktis.

Beda sekali jika bermain sebagai blogger. Menyiapkan bahan materi yang akan diulas. Photo atau gambar sebagai penunjangnya, juga harus tampak mendukung. Belum lagi berburu kata kunci demi sesuai target yang diinginkan. Minimal rangkaian kata yang terpenuhi. Susunan bahasa harus sedikit mendekati sempurna, bahkan kalau perlu sempurna. Perlu keahlian khusus dalam menyusun kalimat demi kalimat agar runut alur ceritanya.

Perangkat Youtube

Belum lagi perangkat atau alat sebagai sarana untuk menulis. Benar-benar harus punya power full. Harga komputer maupun laptop yang semakin naik, menyesuaikan harga dolar. Apalagi jika bicara soal perawatan komputer maupun laptop. Rusak sedikit atau hal sepele, biayanya lumayan terasa.  Maka dari itu, sebagai blogger harus tahu sedikit tentang komputer. Agar jika terjadi kendala atau eror bisa mengatasi sendiri. Kalau dikit-dikit harus ke tukang service komputer. Kantong bisa jebol. Ya, kalau pendapatan dari ngeblog bisa terpenuhi.

Hampir semua blogger mengeluh. Pendapatan dari ngeblog semakin tipis. Bahkan sebulan sama sekali tidak ada pemasukan. Semua akibat dari persaingan yang ketat. Belum lagi, nilai per-klik iklan yang semakin menurun. Lengkap sudah derita sebagai seorang blogger.

Coba bandingkan jika menjadi seorang youtuber. Tidak harus menggunakan perangkat yang canggih. Dengan handphone pun bisa. Lebih simple pula. Aplikasi android, yang bertebaran di play store bisa diandalkannya. Dan prospek menjadi youtuber lebih menjanjikan. Walau sebenarnya, ngeblog dengan perangkat mobile juga bisa. Hanya terkendala tidak leluasa menulis dan edit-edit artikel. Suatu saat sepertinya saya juga akan berhenti menjadi seorang blogger. Entah kapan pastinya. Bagaimana dengan Anda?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top